Sensor-sensor Robot

SENSOR-SENSOR ROBOT
Oleh : Dani Hermawan

1. DEFINISI SENSOR
Sensor adalah jenis tranduser yang digunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar, dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik. Sensor sering digunakan untuk pendeteksian pada saat melakukan pengukuran atau pengendalian.
2. FUNGSI
Piranti yang memberikan output (yang bisa dipakai) sebagai tanggapan terhadap kondisi. Output berupa (didefinisikan sebagai) besaran elektris
3. TIPE
Mechanical, contoh: panjang, luas, mass flow, gaya, torque, tekanan, kecepatan, percepatan, panjang gel acoustic, dll 
Thermal, contoh: temperature, panas, entropy, heat flow 
Electrical, contoh: tegangan, arus, muatan, resistance, frekuensi, dll 
Magnetic, contoh: intensitas medan, flux density, dll 
Radiant, contoh: intensitas, panjang gelombang, polarisasi, dll 
Chemical, contoh: komposisi, konsentrasi, pH, kecepatan reaksi, dll  

4. SENSOR PADA ROBOT :
Touch Sensor

  Sensor yang akan mendeteksi ketika disentuh, ibarat kulit. Mendeteksi objek yang ada pada tanganrobot, guna mencegah tabrakan pada robot beroda, dan masih banyak lagi.
Light Sensor

  Mendeteksi cahaya atau peka terhadap cahaya disekitarnya. Dengan sensor ini robot dapat mengetahui gelap dan terang suatu objek, tempat, siang atau malam.
  Color Sensor
     Mendeteksi cahaya gelap maupun terang, dan juga mendeteksi warna, biasa di gunakan pada Line Follower, bahkan bisa mengikuti garis dengan warna yang lebih sepesifik.
 
Distance Sensor.
  Mendeteksi objek dengan cara mengukur jarak objek, Sensor ini bisa mengukur jarak dengan sangat akurat. Contoh Distance Sensor yang paling sering digunakan adalah Ultrasonic sensor. Cara kerjanya sama persis seperti mulut dan telinga pada kelelawar.
 
Sound Sensor.
  Mendeteksi suara disekitar robot (sebagai telinga). Dapat membedakan suara yang nyaring, suara yang tidak nyaring, dan hening. Intensitasnya bisa kita atur manual.  
   Bahkan untuk jenis Voice Recognition, itu bisa diprogram untuk mendengar kata (bahasa) yang digunakan manusia.
 
Balance Sensor
  Biasa digunakan untuk membuat robot tetap seimbang. Mengetahui kemiringan, dan membantu bangun saat robot terjatuh.
 
 
Gas Sensor 
   Mendeteksi berbagai jenis gas atau asap yang ada disekitar. Seperti hidung pada manusia, dapat membedakan yang mana gas yang biasa mana gas yang berbahaya. Contoh penerapan gas Sensor adalah untuk robot penjinak Bom, atau robot GreenBird.


Temperatur Sensor.

  Dengan temperatur sensor robot dapat mengenali suhu yang ada disekitarnya. Seperti kulit manusia yang dapat merasakan panas & dingin di sekitarnya.
Klik Disini ! untuk materi seputar elektronika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini